Mengapa Hanya Sedikit Orang yang Memiliki Tujuan Hidup?

Melanjutkan tulisan sebelumnya berkaitan tentang tujuan hidup…  Ada pertanyaan yang perlu untuk dijawab, mengapa tidak semua orang memilikinya? Mengapa hanya sedikit orang yang memiliki tujuan yang jelas, tertulis, terukur, serta ada target waktunya?

Ini adalah sebuah misteri besar dalam hidup. Saya kira ada empat hal menyebabkan seseorang tidak memiliki tujuan hidup. Pertama, kebanyakan orang tidak menyadari pentingnya memiliki tujuan. Allah telah bersumpah dengan waktu  bahwa manusia benar-benar berada dalam kerugian. Waktu adalah modal utama yang paling berharga untuk kehidupan Anda, untuk mewujudkan tujuan-tujuan hidup Anda. Jika Anda tidak memilikinya, lalu untuk apa Anda menggunakan waktu Anda?

Tujuan hidup akan membuat Anda lebih berharga, lebih memiliki semangat dalam menjalani hidup yang semakin banyak tekanan. Waktu yang Anda miliki akan lebih bernilai, lebih produktif karena setiap harinya Anda fokus untuk mencapai tujuan Anda.

Kedua, orang-orang tidak memiliki tujuan karena mereka tidak tahu bagaimana caranya. Sayangnya, banyaknya orang yang sudah merasa memiliki tujuan  padahal sebenarnya belum. Rata-rata mereka akan menjawab bahwa tujuan hidup mereka adalah, “Bahagia,” atau “punya banyak uang,” atau “memiliki keluarga sakinah,”  dan lain sebaginya. Sebenarnya hal itu bukanlah tujuan, tapi lebih pada impian…

Tujuan itu berbeda dari impian, ia adalah sesuatu yang jelas terukur, ada jangka waktu untuk mencapainya dan lebih baik lagi jika ditulis. Sehingga Anda bisa mengatakan pada suatu hari nanti, “Aku telah mencapai tujuan hidupku..”

Jika salah satu tujuan hidup Anda adalah hafal 30 juz al Quran, maka 30 juz adalah ukuran yang ingin Anda capai. Sampai kapan? Anda bisa merencanakannya selama 3 tahun, 5 tahun atau berapapun waktu yang Anda inginkan paling mungkin untuk Anda. Kemudian Anda bisa bagi tujuan 5 tahun menghafal al Quran dalam tujuan tahunan, bulanan dan pekanan.

Ketiga, mereka takut tidak berhasil mencapainya. Kegagalan menghantui pikiran mereka. Merekalah orang-orang yang gugur sebelum berperang. Trauma karena pernah merasakan pahitnya kegagalan telah membuat mereka menjadi orang-orang yang putus asa.

Keempat, mereka  takut dihina orang lain. Jika mereka tidak berhasil, maka orang-orang akan mengejek, meremehkan dan merendahkan mereka.  Ada baiknya jika Anda memiliki tujuan, cita-cita Anda 5 sampai 10 tahun ke depan, Anda merahasiakannya dari orang banyak. Biarlah nanti mereka melihat hasil dari apa yang Anda capai dengan penuh pengorbanan dan kerja keras.

Action Point

Pernahkah Anda mendengar istilah Dreams come True? Mimpi yang menjadi kenyataan..

Lalu, adakah mimpi yang akan jadi kenyataan jika Anda tidak pernah bermimpi?

Advertisements

6 responses to “Mengapa Hanya Sedikit Orang yang Memiliki Tujuan Hidup?

  1. bowo hadi Wibowo November 22, 2010 at 4:30 pm

    memotivasi sekali bozz rama 🙂
    tkz ya

  2. Tegas Bodoh November 22, 2010 at 4:40 pm

    sederhananya..
    coba denger lagunya Mariah Carey yang “Hero” deh..

    “Lord knows, dreams are hard to follow but dont let anyone tear them away. Hold on, there will be tomorrow in time you’ll find the way”

    salam 😀

  3. makhluklemah November 22, 2010 at 5:14 pm

    point ketiga yang selalu hinggap dipikiran gue,,
    thnks sob pencerahannya… 🙂

  4. ysalma November 22, 2010 at 6:10 pm

    Jadi teringat sama seorang teman yang benar2 punya map project untuk hidupnya,, dan konsisten dengan pencapaian tujuannya tersebut,, sekarang 2/3 dari yang ditargetkannya sudah tercapai,, kita-kita yang ga punya planning yang jelas,, yaa masih menjalankan hidup dengan pemenuhan kebutuhan pokok..
    terima kasih untuk pencerahannya kembali 🙂

  5. ●●●ЄЯШЇЙ●●● November 23, 2010 at 12:30 pm

    terimakasih atas motivasinya.

    telah banyak mimpi-mimpi saya yang menjadi kenyataan. 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: